Jumat, 14 Desember 2018

Data Diri


Hello everybadeh...
So, as you can see from the tittle ya kali ini aku bakal introduce my self as a newbie di dunia blogger. Nama aku Aulia Adzrina, panggil Aulia aja. Lahir di Malang, 18 tahun yang lalu. Aku anak ke-2 dari 2 bersaudara. Untuk sekarang, aku lagi mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Malang nih, baru semester 1 hehehe. Dan untuk minggu ini jadwalnya ujian semester, ampun deh bikin pening kepala. 

Jadi untuk kegiatan aku di blog ini, aku akan sharing tentang pengetahuan, beauty tips, cerita-cerita, dan hal-hal seru lainnya. Stay tune aja yaa. Oya, karena aku masih newbie disisni, jadi mohon maaf kalau misalkan ada kekurangan-kekurangannya hihi.

Kalau udah bahas data diri pasti pada keinget sama kalimat Curriculum Vitae nih kayanya. Nah, apa sih CV / Curriculum Vitae itu? Mari kita bahas sajaaaa....

CV merupakan dokumen yang berisikan informasi detail mengenai data diri seseorang seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir hingga latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.
Tidak ada batasan panjang CV yang bisa dibuat, yang terpenting adalah bagaimana dokumen ini bisa memuat semua informasi untuk menggambarkan pengalaman akademis dan profesional Anda.

Apa Saja yang Harus Dicantumkan dalam CV?
Data Pribadi
Mulailah dengan memasukkan informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat email. Anda juga bisa memasukkan penjelasan mengenai bidang pekerjaan yang Anda kuasai atau minati.
Pengalaman Kerja
Beri keterangan tentang apa saja posisi yang pernah Anda tempati dengan masing-masing job description secara singkat. Selain pekerjaan resmi, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai pengalaman magang atau bahkan relawan dalam kegiatan tertentu.
Riwayat Pendidikan
Sedikit berbeda dengan resume yang fokus pada informasi pengalaman pekerjaan saja, dokumen ini juga harus berisikan informasi detail tentang sejarah pendidikan Anda. Misalnya sekolah dan Universitas tempat Anda mengenyam pendidikan, serta gelar yang berhasil Anda dapat.
Referensi
Terakhir, sertakan daftar atau kontak referensi. Orang-orang ini adalah mereka yang bisa memberikan informasi mengenai pengalaman bekerja dengan Anda.

Kesalahan Membuat CV yang Harus Dihindari
Ada beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pencari kerja ketika membuat CV. Jika fatal, bahkan beberapa kesalahan ini bisa menjadi penyebab Anda ditolak oleh perusahaan yang dituju:
  • Jangan terlalu kreatif, melainkan buatlah secara profesional dengan tampilan sederhana termasuk penggunaan font. Gunakan kertas biasa berwarna putih dan tinta hitam ketika mencetak CV. Namun poin ini bisa saja tidak berlaku untuk beberapa profesi tertentu yang berkaitan dengan desain dan kreativitas, seperti desainer grafis misalnya.
  • Tidak bertanya lebih dulu mengenai format yang dibutuhkan oleh perekrut. Sebaiknya tanyakan dulu kepada pihak perekrut, format seperti apa yang mereka inginkan. Jika tidak ada ketentuan khusus, gunakan format standar seperti .docx atau .pdf.
  • Berbohong. Data atau informasi palsu yang Anda cantumkan hanya akan merugikan Anda. Pasalnya bisa saja Anda malah ditempatkan pada posisi atau jabatan yang sebenarnya bukan bidang yang dikuasai sehingga karir Anda tidak dapat berkembang.
  • Tidak perlu memasukkan informasi personal seperti hobi atau minat Anda terhadap sesuatu yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar.
  • Pastikan Anda tidak menggunakan email dengan nama yang tidak profesional. Nama email yang asal-asalan bisa dinilai negatif.
  • Tidak memeriksa kembali CV yang dibuat, seperti typo, kesalahan nama, grammar, keterangan tertentu dan sebagainya. Selalu cek ulang kembali isi dokumen yang telah dibuat, atau minta bantuan orang lain untuk ikut membacanya (proofread). Kesalahan penulisan bisa membuat Anda dinilai tidak teliti dan tidak peduli.

Berikut saya berikan contoh CV Riwayat Hidup saya:  CV Aulia

Sekian aja ya untuk pembahasan CV kali ini. Maaf jika ada kesalahan dalam pembahasannya, hope you guys like it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar